28 Oktober 2009

Menjadikan Web Site Search Engine Friendly

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Tidak ada masa depan yang gemilang bagi mereka yang telah kehilangan pengharapan dan imannya

Mesin Pencarian (Search Engine) biasanya sangat dibutuhkan oleh seorang pengembang web site untuk mempublikasikan halaman-halaman web nya kepada khalayak umum, hal ini dikarenakan hampir setiap orang menggunakan bantuan mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dll untuk menemukan halaman web yang dicari yang berhubungan dengan kata kunci yang diinginkanya.

Sampai saat ini masih banyak orang bertanya kenapa halaman web site nya tidak terindex sama sekali di mesin-mesin pencarian seperti google, yahoo dll, padahal mereka telah mendaftarkanya melalu perkakas-perkakas web master yang disediakan oleh mesin-mesin pencarian tersebut.

Ada banyak hal yang memungkinkan hal tersebut terjadi, salah satunya adalah halaman web tersebut memang memiliki content yang kurang dapat terindex dengan baik oleh mesin-mesin pencarian tersebut, jadi walaupun botnet-botnet mesin pencareian telah meng-crawl halaman tersebut, namun mereka tidak banyak mendapatkan informasi untuk dipublikasikan. Berikut terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjadikan sebuah halaman web dapat ter-index dengan baik di mesin-mesin pencarian seperti google, dll.

1. Tambahkan Text pada Gambar, Flash Object dan Video.

Hal ini adalah hal yang paling mendasar, perlu diingat bahwa mesin pencarian mengambil informasi yang ada pada sebuah halaman web berdasarkan text pada halaman web tersebut, bukan dari gambar, atau object flash yang ada. Jika sebuah halaman web dituntut untuk memiliki komposisi content dengan gambar atau object flash lebih banyak dari pada text, maka sebaiknya berikan text descripsi mengenai object flash, video, atau gambar tersebut, atau akan lebih baik jika digunakan Straight link untuk memanggil gambar, video, atau object flash yang ingin ditampilkan tersebut.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dapat diperoleh dari penambahan deskripsi pada gambar, video atau flash object tersebut adalah ketika pengunjung dari halaman web tersebut menggunakan web browser yang minimalis seperti links atau lynx web browser yang tidak dapat merender gambar, video, atau flash object, pengunjung tersebut masih dapat mengetahui informasi yang disampaikan pada web tersebut dari text deskripsi tersebut.

2. Lakukan Validasi terhadap code HTML yang ada.

Sebaiknya sebuah halaman web, menggunakan penulisan code HTML yang valid. code HTML yang valid disini adalah valid berdasarkan standarisasi penulisan HTML, sehingga diharapkan nantinya halaman tersebut dapat ter-render dengan baik pada semua web browser.

Lalu apa hubunganya dengan search engine.?.

Sebuah search engine menggunakan botnet untuk mengabil kontent dari sebuah halaman web, dimana prinsip kerja dari botnet tersebut tidak jauh berbeda dengan sebuah web browser. Botnet akan melakukan surfing ke halaman-halaman web yang ada, dan menyimpan content dari halaman web tersebut beserta informasi mengenai alamat web tersebut untuk dijadikan referensi pencarian bagi mesin pencari. Penulisan code HTML yang valid disini dimaksudkan untuk menghindari resiko kesalahan-kesalahan pada saat halaman web tersebut di-crawl oleh botnet, Sehingga informasi yang ingin ditampilkan dapat lebih optimal.

3. Buat judul halaman yang relevan

Informasi utama yang diambil oleh sebuah botnet adalah judul dari dokumen, judul yang dimaksud adalah judul yang di tulis diantara tag pada sebuah dokumen HTML. Gunakanlah kata-kata yang sesuai
dengan kontent yang ada, dan usahakan agar judul dokumen tersebut menggunakan kata-kata yang familiar, sehingga jika seseorang mencari sebuah halaman web pada mesin pencari, kata-kata yang digunakan berubungan dengan judul pada dokumen web tersebut.

4. Gunakan internal link

Internal link disini adalah link yang menghubungkan sebuah dokumen HTML dengan dokumen lain yang ada pada sebuah web site yang sama. Sebaiknya gunakan link normal bukan link yang digenerate dengan javascript ataupun link yang terdapat pada sebuah flash object, karena di khawatirkan botnet-botnet dari mesin pencarian tersebut tidak bisa memahami link tersebut.

5. Hindari Duplikat Content pada halaman web.

Duplikat kontent terjadi saat alamat URL yang dituju berbeda namun halaman yang ditampilkan berisi content yang sama. Hal ini sangat jarang terjadi pada sebuah web site statis dimana web tersebut dibangun secara manual tiap halamanya karena sang pembuat akan lebih mudah untuk memanage isi dan alamat-alamat yang ada pada web site tersebut. Namun saat menggunakan sebuah CMS hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemilik atau pembuat web site, dikarenakan sebagian besar halama yang ada, di generate secara otomatis oleh mesin CMS tersebut.

6. Hilangkan penggunaan text-text yang tersembunyi.

Dahulu penggunaan text-text tersembunyi dapat membantu menaikan rank pencarian di mesin-mesin pencari, namun nampaknya hal ini sudah tidak relevan untuk diterapkan, para botnet sudah semakin pintar menganalisa sebuah dokumen HTML pada sebuah halaman web. Text tersembunyi yang dimaksud disini adalah teks yang benar-benar tercetak pada source dokumen namun tidak tampil dilayar browser karena dimanipulasi oleh CSS atau yang lainya.

Hal-hal tersebut mungkin belum cukup untuk menaikan rank sebuah halaman web di mesin-mesin pencarian, namun dapat menjadi langkah awal untuk mendapatkan rank yang tinggi dimesin-mesin pencarian.



Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini " Jangan Lupa Tinggalkan Comment Ya

0 komentar:

Thank You Myspace Comments

Programming Blogs - Blog Catalog Blog Directory Blogs Topsites - TOP.ORG Increase Page Rank Technology Blogs BlogRankers.com A technology blog with hacking, reviews, blogging tricks n tips. blog directory GoLedy.com Blog Directory Technology blogs Top Blogs
hack tutorsTechnology Blogs - Blog Rankings Technology Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory blogarama - the blog directory Blog Directory for Conder, Australian Capital Territory Blog Directory
Every thing about hacking. Increase your PageRank