28 Oktober 2009

Demam SEO dan kreativitas para Web Master

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Milioner yang suka tertawa jarang dijumpai. Pengalamanku adalah kekayaan mudah membuat senyum hilang

SEO, sebuah kata yang pasti tidak asing, dan sedang menjadi sebuah trend tersendiri di dunia internet, khusunya dunia web site dan blogging. Secara umum SEO dapat dikatakan sebagai sebuah tehnik, atau lebih tepatnya trik yang digunakan untuk lebih mengoptimalkan proses crawling (peng-index-an) yang dilakukan oleh sebuah serach engine terhadap sebuah halaman web, dengan tujuan agar halaman web atau blog yang dimaksud dapat menempati posisi teratas pada saat search engine menampilkan index web site berdasarkan pencarian dengan sebuah kriteria tertentu.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa peran dari sebuah search engine ikut mempengaruhi trafik dari sebuah web site, semakin tinggi rating web site tersebut dalam sebuah search engine, maka akan semakin mudah web site tersebut ditemukan oleh pengunjung. Mungkin karena hal inilah para web master saling beradu kreatifitas untuk dapat lebih mengoptimalkan web site mereka pada sebuah search engine, tentunya dengan maksud dan tujuan yang berbeda pula, misalnya tujuan komersial, popularitas, atau bahkan ada juga yang tidak mempunyai sebuah tujuan yang pasti untuk menaikan rating web site nya pada sebuah search engine. Maklum saja, namanya juga sedang menjadi trend.

Pada dasarnya tidak ada aturan-aturan yang baku mengenai SEO, semua hal yang berkenaan dengan SEO yang ada saat ini adalah sebuah triks yang didasarkan pada sebuah teori-teori tertentu, karena tehnik yang dilakukan oleh sebuah search engine untuk meng-crawl sebuah halaman web pun tidak memiliki sebuah standar atau algoritma yang baku, semua tergantung dari kebijakan perusahaan yang mengelola search engine tersebut, sehingga dapat saja berubah kapan pun.

Terlepas dari hal-hal tersebut, demam SEO membawa banyak perubahan positif bagi perkembangan web site yang ada. Misalnya, salah satu trik yang umum digunakan dalam SEO adalah dengan menggunakan penulisan bahasa markup hypertext (HTML) yang sesuai dengan standarisasi w3c, sehingga membuat para web master manjadi lebih teliti dalam menggunakan tag HTML, serta membuat mereka lebih kreatif dalam menempatkan point-point penunjang dari dokumen atau halaman web tersebut. Hal ini membuat dokumen-dokumen atau halaman web tersebut dapat termuat dengan baik hampir pada semua jenis web browser, sehingga memudahkan para pengunjung untuk menemukan informasi-informasi yang disajikan pada halaman web tersebut.

Namun dampak negatif dari demam SEO pun tidak kalah dari dampak positifnya. Dampak negatif yang ada, diantaranya adalah semakin pesatnya kegiatan spaming dengan tujuan meningkatkan rating dari sebuah web site secara instant, dan mengakibatkan banyak halaman-halaman web site yang tidak menerapkan filtering untuk menangkal spam, menjadi lumpuh karena rusaknya reputasi dari web site tersebut dimata pengunjung. Hal yang paling fenomenal yang merupakan dampak dari demam SEO tersebut adalah penurunan kualitas dari konten atau informasi yang disajikan pada sebuah halaman web, mungkin pada kasus tersebut sang web master sudah mengoptimalkan kreatifitasnya pada sisi SEO, sehingga pada saat menuangkan kreatifitas pada sisi konten dari web tersebut, hanyalah tinggal sisa dari kreatifitas yang ada.



Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini " Jangan Lupa Tinggalkan Comment Ya

0 komentar:

Thank You Myspace Comments

Programming Blogs - Blog Catalog Blog Directory Blogs Topsites - TOP.ORG Increase Page Rank Technology Blogs BlogRankers.com A technology blog with hacking, reviews, blogging tricks n tips. blog directory GoLedy.com Blog Directory Technology blogs Top Blogs
hack tutorsTechnology Blogs - Blog Rankings Technology Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory blogarama - the blog directory Blog Directory for Conder, Australian Capital Territory Blog Directory
Every thing about hacking. Increase your PageRank